z Air Panas Banjar ~ Adi Ngurah

Kamis, 02 Juni 2011

Air Panas Banjar



Tidak jauh dari kawasan Lovina, kita akan melanjutkan perjalanan menuju tempat pemandian Banjar Hotspring alias air panas Banjar.
Sesuai namanya terletak di Desa Banjar, Kecamatan Banjar ± 5 km sebelah barat dari Lovina dan ± 1 km sebelah barat Wihara Budha. Air Panas Banjar dikenal sebagai sebutan Hot Spring sudah tidak asing lagi bagi para turis lokal atau mancanegara.
Air panas yang muncul dari perbukitan setempat dibuat bertingkat, ditingkat pertama terdiri dari beberapa pancoran dimana wisatawan dapata mandi air panas. Kolam kecil juga tersedia pada tingkatan ini. Pada tingkatan kedua kolam dibuat lebih besar.
Di musim liburan, tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan asing dan lokal ataupun masyarakat sekitarnya.
Air Panas Banjar terletak di Desa Banjar, kabupaten Buleleng 
sekitar 24 kilometer sebelah barat kot Singaraja.  Untuk mencapai lokasinya kita dapat menggunakan kendaraan bermotor dengan kondisi jalan yang cukup bagus.  Air Panas banjar merupakan air panas alam yang dianggap dapat menyembuhkan penyakit.
Sumber mata air Panas Banjar diperkirakan berusia ratusan tahun, dimana sejak jaman pendudukan Jepang sumber air panas ini telah dibenahi dan dimanfaatkan.  Pemerintah Jepang pada saat itu membangun tiga buah kolam penampungan air untuk berendam, karena air yang dihasilkan mengandung belerang yang dapat menyembuhkan penyakit kulit.  Sampai saat ini pemandian tersebut masih dimanfaatkan oleh masyarakat umum dan wisatawan.   Disamping sebagai tempat untuk berendam dan berenang Para wisatawan bisa juga menikmati jatuhnya air pancuran ditubuhnya seolah-olah seperti dipijat terutama kolam yang dilengkapi pancuran setinggi 3,5 meter sehingga badan menjadi lebih segar.
Untuk mengelola obyek wisata alam Air Panas Banjar dibentuk Yayasan Yeh Panes Nirmala agar semakin dikenal untuk dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri.


0 komentar:

Posting Komentar